Berikut adalah penjelasan tentang MERENCANAKAN PESAN BISNIS
PERENCANAAN PESAN-PESAN
Dalam perencanaan pesan-pesan orang yang menduduki sebagai kominitator harus mengolah data sedemikian rupa hingga menjadi pesan yang efektif.
Komunitator harus merencanakan sebagai berikut :
1. Bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan hendaknya untuk didengar atau dibaca dan mudah dipahami.
2. Kaya dengan kata-kata
3. Mampu menggunakan hal-hal secara kongret
4. Bisa diuji secara empiris
5. Memiliki daya tarik
6. Mudah diingat atau dicerna oleh audiance
7. Tidak ambigu dengan banyaknya tafsiran
Dalam menyampaikan pesan bisnis, seperti halnya membangun sebuah gedung atau rumah dimana satu bagian dengan bagian yang lain selain mendukung dan menopang satu sama lain. Begitu juga dengan penyampaian pesan bisnis, dimana satu kalimat dengan kalimat lain saling mendukung atau memopang kalimat yang lain. Inilah yang disebut komposisi pesan.
Komposisi pesan meliputi :
1. Kesatuan
2. Pertautan
3. Titik berat
4. Komprehensif
5. Relevansi
Tujuan umum pesan bisnis :
- memberi informasi
- membujuk
- bekerja sama dengan pihak penerima
Secara umum ada tiga tujuan komunikasi bisnis yaitu :
1. memberi informasi
2. memberi persuasi
3. melakukan kolaborasi(kerjasama)
Berkomunikasi secara etis
Berbohong atau berlebih-lebihan adalah bentuk pelanggaran etika dalam berkonunikasi. Penghapusan inforak mungkin bermasi menyebabkan pesan menjadi tidak etis. pesan juga tidak mungkin berisi semua rincian segala hal karena tidak semua hal harus kita rinci ke dalam pesan.
Perencanaan yang baik adalah langkah pertama dalam penulisan bisnis yang sukses. Dalam perencanaan kita berfikir tentang dasar atau fundamen dari pesan kita. Bisnis tidak akan sukses atau dikatakan baik apabila tidak memiliki perencanaan yang baik atau secara matang-matang.
SUMBER : BUSINESS COMMUNICATION
PENGARANG : Dr. fr.ff.M.Budi Djatmiko.M.SI
PENERBIT : STEMBI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar