Senin, 30 Oktober 2017

DIARY 3 DAN PENTINGNYA ETIKA PROFESI DALAM DUNIA KERJA

Assalamualaikum WR WB, 
Berikut adalah postingan blog saya tentang diary 3 dan pentingnya etika profesi dalam dunia kerja


Hari Selasa tanggal 24 Oktober 2017,
            Pelanggaran yg saya lihat adalah teman saya yg juga mahasiswa tidak mengerjakan tugas pada yg diberikan oleh dosen. Efeknya adalah dia tidak akan mendapat nilai dari dosen. Solusinya adalah selalu mengerjakan tugas apapun yg diberikan oleh dosen jika lupa tulis selalu di sebuah catatan.

Hari Rabu tanggal 25 Oktober 2017,
            Pelanggaran yg saya lihat adalah sewaktu saya berada di peron kereta ada kereta yg baru tiba di stasiun manggarai dan saya melihat ada banyak orang yg masuk pada saat pintu kereta di buka padahal penumpang yg ingin turun belum bisa keluar. Efeknya adalah penumpang kereta sulit untuk keluar. Solusinya adalah dahulukan dulu penumpang yg ingin turun atau keluar agar penumpang tersebut tidak terjebak di dalam kereta.

Hari Kamis tanggal 26 Oktober 2017,
            Pelanggaran yg saya lihat adalah banyak mahasiswa yg memarkir sembarangan di parkiran kampus. Efeknya adalah motor yg berada di depannya tidak bisa keluar. Solusinya adalah parkirlah di tempat yg seharusnya jika memang tidak bisa maka jangan dipaksakan.

Hari Jumat tanggal 27 Oktober 2017,
            Pelanggaran yg saya lihat adalah pengemudi motor yg tidak memakai helm dan bahkan dia hanya menggantung helmnya di motor dan dia juga menggunakan headset pada saat mengendarai. Efeknya adalah pengemudi bisa mengalami kecelakaan. Solusinya adalah selalu taati peraturan yg ada gunakan selalu helm dan jangan mendengarkan headset pada saat mengendarai.

Hari Sabtu tanggal 28 Oktober 2017,
            Pelanggaran yg saya lihat adalah banyak warga disekitar rumah saya yg membuang sampah di selokan. Efeknya adalah selokan bisa mampet dan jika terjadi hujan deras akan menyebabkan banjir. Solusinya adalah buanglah sampah pada tempatnya dan bersihkan selekon setiap seminggu sekali.

Hari Minggu tanggal 29 Oktober 2017,
            Pelanggaran yg saya lihat adalah banyak pedagang kaki lima yg berjualan di trotoar yg seharusnya menjadi tempat untuk pejalan kaki. Efeknya adalah pejalan kaki tidak bisa melewati trotoar yg merupakan haknya. Solusinya adalah para pedagang berjualan di tempat yg tidak mengganggu para pejalan kaki.

Hari Senin tanggal 30 Oktober 2017,
            Pelanggaran yg saya lihat adalah banyak para pengguna toilet di kampus yg tidak mematikan air kran. Efeknya adalah terjadinya pemborosan air dan banyak air bersih yg terbuang sia – sia. Solusinya adalah selalu mematikan kran air jika sudah selesai memakainya.

Pentingnya Etika Profesi dalam Dunia Kerja:
1.      Etika profesi bisa dijadikan sebagai pedoman atau landasan bagi profesi apapun agar lebih profesional dalam melakukan pekerjaan di dunia kerja.
2.      Sebagai sarana untuk mengkrontol perilaku atas profesi yg bersangkutan
3.      Menjadi dasar berperilaku kepada orang lain atau atasan kita
4.      Menjadikan kita lebih bertanggung jawab
5.      Etika profesi juga sangat penting untuk kita berinteraksi kepada orang lain di dalam dunia kerja.
6.      Untuk menanam nilai-nilai moral pada diri kita



Tidak ada komentar:

Posting Komentar