Internet telah menjadi salah satu
media pemasaran dan penjualan yang murah, cepat dan memiliki jangkauan yang
luas hingga menembus batas-batas negara. Seiring bermunculannya berbagai online
shop yang menawarkan produk melalui website yang dirancang untuk dapat
melakukan transaksi secara online, lahirlah istilah E-commerce.
E-Commerce atau biasa disebut
perdagangan elektronik adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui system elektronik seperti internet. E-commerce
merupakan konsep baru yang biasa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau
jasa pada World Wide Web atau proses jual beli atau pertukaran produk atau jasa
dan informasi melalui jaringan internet.
Di jaman sekarang ini sangat
banyak sekali bisnis online yang dijalankan oleh kebanyakan orang.
Bagaimana tidak, hanya dengan bermodalkan produk dan juga layanan internet,
semua orang bisa membuka online shop. Besarnya pasar online membuat orang
tergiur untuk segera merambah pasar tersebut. Bisnis online memiliki
karakteristik yang sedikit berbeda dengan bisnis offline. Oleh karena itu,
perlu sebuah tips meng-online-kan bisnis offline anda agar hasil yang diperoleh
sama dengan ketika berjualan secara offline bahkan lebih baik. Salah satu
karakteristik yang paling penting adalah membuat menonjol toko online yang anda
miliki. Tentu saja ini bukanlah pekerjaan yang ringan bagi seseorang.
Ada yang membedakan antara bisnis
online dengan offline yakni diperlukannya modal. Untuk bisnis online tidaklah
memerlukan modal awal yang cukup besar, seperti biasa sewa tempat yang tidak
diperlukan oleh bisnis offline. Tentunya hal tersebut menjadi sebuah keuntungan
tersendiri bagi bisnis online.
Karena kemudahannya ini, banyak
sekali online shop bermunculan dan akhirnya timbul persaingan yang sangat
tinggi. Tidak sedikit online shop yang akhirnya ambruk karena kalah bersaing.
Berikut ini ada beberapa tips agar online shop anda berkembang dan bertahan di
dunia persaingan online shop.
Berikut tips mengembangkan bisnis
online shop:
1. Tentukan Media Online (Promosi)
Yang paling penting agar online shop
anda berkembang adalah gunakan media online sebagai sarana promosi yang dapat
membantu anda dalam memasarkan produk. Maksudnya adalah kita harus menentukan
untuk menggunakan media online mana yang baik untuk digunakan sebagai sebuah
toko online. Kita bisa menggunakan situs jejaring sosial semacam facebook atau
twitter untuk dijadikan sebagai sebuah toko online. Kelebihan dari jejaring
sosial adalah pangsa pasarnya yang besar.
2. Harga yang Kompetitif
Banyaknya pesaing di dunia maya juga
menjadi tantangan tersendiri bagi para penjual. Oleh karena itu, seorang
penjual online juga harus mampu memberikan harga yang relatif murah
dibandingkan toko lainnya, agar banyak pembeli yang beralih menjadi pelanggan
anda.
3. Aktif
Keaktifan seorang penjual online
sangat menentukan bisnis onlinenya berkembang atau tidak. Respon yang lambat
terhadap seorang calon pembeli akan membuat calon pembeli lari ke tempat lain.
Keaktifan untuk selalu update di toko online juga menandakan seberapa besar
toko tersebut masih buka atau sudah tutup.
4. Pelayanan
Agar online shop anda berkembang
adalah dengan meningkatkan pelayanan. Online shop dengan produk yang sama
mungkin banyak, namun online shop dengan pelayanan yang memuaskanlah yang dapat
bertahan. Pelayanan yang memuaskan dapat dibuktikan dengan keramahan Anda pada
calon pelanggan, kecepatan dalam menjawab pertanyaan atau keluhan pelanggan,
serta kualitas produk.
5. Tampilan yang menarik
Sebuah online shop akan menarik
banyak pembeli jika gambar-gambar yang disajikan terlihat segar dan menarik.
Oleh karena itu anda harus kreatif mencari ide-ide baru agar bisa membuat
tampilan online shop anda tidak membosankan. Gambar-gambar di sajikan dengan
warna yang cerah dan kualitas gambar yang baik sehingga calon pembeli anda akan
mendapatkan gambaran yang jelas dari produk yang akan di pilihnya.
6. Produk yang Up to date
Banyak online shop yang akhirnya
tidak berkembang karena menawarkan produk yang sudah ketinggalan jaman. Oleh
karena itu anda harus selalu mencari info, tipe barang apa yang sedang menjadi
trend di masyarakat, sehingga online shop anda bisa menyediakan produk-produk
terbaru yang sedang menjadi pusat perhatian masyarakat, agar bisa mendatangkan
banyak calon pembeli. Satu keuntungan dari belanja online adalah mampu
dengan cepat mencari penawaran untuk item atau layanan dengan berbagai vendor
(meskipun beberapa pencarian lokal mesin memang ada untuk membantu konsumen
menemukan produk untuk dijual di toko-toko terdekat). Search engine, online
jasa perbandingan harga dan belanja penemuan mesin dapat digunakan untuk
mencari penjual produk atau jasa tertentu.
7. Kemudahan Cara Berbelanja
Tips lain agar online shop anda
cepat berkembang adalah dengan memberikan kemudahan berbelanja. Berikan
informasi yang singkat tentang bagaimana tata cara pemesanan dan pembayaran
barang. Sediakan banyak cara agar calon konsumen anda mudah menghubungi anda
sebagai penjual, misal nomer handphone, pin Blackberry, YM, atau email. Selain
memberikan kemudahan, hal ini juga akan menimbulkan rasa aman dari calon pembeli.
Hal-hal yang mendukung dalam bisnis
online shop, yaitu:
- Akses internet semakin murah dan cepat, yang akan meningkatkan jumlah pengguna internet
- Dukungan dari sektor perbankan yang menyediakan fasilitas internet banking maupun sms banking, yang akan mempercepat proses transaksi
- Biaya web hosting yang semakin murah
- Semakin mudah dan murahnya membangun situs E-commerce yang didukung dengan tersedianya berbagai software open source, seperti osCommerce, Magento, dll
Selain hal-hal yang disebutkan di
atas, perkembangan E-commerce di Indonesia tentu harus didukung juga oleh
adanya peraturan yang dapat melindungi konsumen dari kerugian yang disebabkan
penipuan, credit card fraud, dan berbagai potensi kerugian lainnya. Dengan
demikian konsumen dapat berbelanja online secara aman dan nyaman.
Faktor dari E- commerce, yaitu:
- Menyediakan harga kompetitif.
- Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
- Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
- Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
- Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
- Mempermudah kegiatan perdagangan
Sumber : 1.BUKU INTRODUCTION TO BUSINESS
(PENGANTAR BISNIS) EDISI 4
2.Rizka Desianny Winata(sebagian
contohnya saya membuat sendiri)
Pengarang : 1. JEFF MADURA
2. Rizka Desianny Winata
Penerbit : Salemba Empat
Penerjemah : Ali akbar Yulianto Krista
Manajer Penerbitan : Edward Tanujaya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar