Senin, 16 Oktober 2017

DIARY TENTANG PELANGGARAN


Assalamualaikum WR WB,

Berikut adalah sedikit cerita saya tentang pelanggaran yg saya lihat setiap harinya.



Hari selasa tanggal 10 Oktober 2017,

Saya melihat pelanggaran yg pertama adalah ketika saya dalam perjalanan menuju ke kampus saya dan teman saya melihat bahwa ada driver ojek online sedang melihat handphone sambil berkendara sehingga dia tidak sadar menabrak salah satu pengendara motor yg berada di depannya untungnya pengendara motor tersebut tidak mengalami luka atau sebagainya hanya saja motornya ada beberapa yg penyok. Efek dari pengendara yg melihat gadget pada saat mengendarai adalah bisa mengalami kecelakaan bahkan kematian. Solusinya adalah jangan melihat gadget pada saat mengendarai atau jika terasa penting maka sebaiknya berhenti dulu di tepi jalan.

Kemudian, saya juga melihat banyak pengendara sepeda motor yg menerobos lampu merah. Efek dari menerobos lampu merah itu sangatlah berbahaya selain menyebabkan kecelakaan bisa juga membuat pengendara sepeda motor lainnya yg tidak melanggar ikut mengalami kecelakaan juga atau imbasnya. Solusinya adalah ikuti peraturan yg ada, jangan menerobos lampu merah dan bersabarlah.

Sepulangnya dari kampus saya melihat banyak penyebrang jalan yg menyeberang tidak pada tempatnya atau sembarangan tempat. Efek yg ditimbulkan adalah bisa mengakibatkan penyeberang jalan tertabrak pengendara motor atau bahkan pengendara mobil. Solusinya adalah menyeberanglah di tempat yg sudah di sediakan.



Hari Rabu tanggal 11 Oktober 2017,

            Saya melihat di lingkungan rumah saya banyak sekali anak kecil yg berbicara kasar, tidak sopan atau bahkan tidak pantas untuk dikatakan. Efeknya adalah bisa menjadi sebuah kebiasaan berkata kasar dan tidak sopan kepada orang yg lebih tua bahkan sepantarnya dan bisa berakibat di dunia kerja pada saat mereka nanti sudah dewasa karena perusahaan tidak akan menerima karyawan yg etika berbicaranya tidak baik. Solusinya adalah orang tua harus mendidik dan mengawasi perkembangan anak agar tidak salah dalam beretika.



Hari Kamis tanggal 12 Oktober 2017,

            Saya melihat ada beberapa pengendara motor yg lawan arah. Efeknya adalah pengendara motor bisa mengalami tabrakan atau kecelakaan. Solusinya adalah jangan mengendarai dengan lawan arah, utamakan keselamatan diri sediri dan patuhi aturan yg ada.



Hari Jumat tanggal 13 Oktober 2017,

            Saya melihat banyak teman saya yg datang terlambat ke kampus bahkan telat sampai berjam- jam. Efeknya adalah teman – teman saya akan banyak tertinggal pelajaran yg sudah dijelaskan oleh dosen saya dan juga membuat mereka jadi terbiasa untuk datang terlambat. Solusinya adalah buatlah kebiasaan yg baik yaitu datang tepat waktu.  

Hari Sabtu tanggal 14 Oktober 2017,

            Saya melihat banyak mahasiswa/i setelah mereka makan atau jajan banyak meninggalkan sampah di lobby tanpa membuangnya padahal sudah tersedia banyak tempat sampah. Efeknya adalah akan terlihat kotor dan menimbulkan bau tidak sedap. Solusinya adalah buatlah kebiasaan membuang sampah pada tempatnya.



Hari Minggu tanggal 15 Oktober 2017,

            Banyak yg tidak mendengarkan tutor saat menjelaskan sewaktu kami praktikum. Efeknya adalah mereka tidak terlalu memahami apa yg sudah dijelaskan dan sewaktu menjelaskan kembali mereka tidak mengerti. Solusinya adalah berusaha untuk mendengarkan tutor saat menjelaskan.



Hari Senin tanggal 16 Oktober 2017,

            Pelanggaran yg saya lihat adalah banyak mahasiswa/i yg tidak mendengarkan pada saat mahasiwa/i yg sedang melakukan presentasi. Efeknya adalah mereka tidak bisa memahami apa yg dijelaskan atau di persentasikan oleh temannya. Solusinya adalah harus mencoba menghargai temannya yg sedang persentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar