Selasa, 28 Oktober 2014

Bisnis Internasional

Puji syukur kepada Tuhan yang Maha Esa karena-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menjelaskan tentang materi BISNIS INTERNASIONAL.
Berikut saya akan menjelaskan tentang BISNIS INTERNASIOANAL. 


      Akhir-akhir ini telah terjadi perubahan dan perkembangan yang begitu pesat dalam berbagai lingkungan bisnis yang ditandai dengan munculnya ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang membawa dampak bagi kemajuan indonesia. Dengan seiring bertambahnya penduduk di indonesia tapi sumber alam dan faktor produksi terbatas. Bisnis domestik yang selama ini dilakukan oleh perusahaan nasional mulai ditinggalkan untuk beranjak ke bisnis yang berskala multinasional atau bisa disebut perusahaan lebih memilih bisnis berskala internasional.
     Bisnis internasional adalah bisnis yang terlibat dalam lingkungan pemasaran dalam negara tempat perusahaan tadi melakukan bisnis. Kalau Bisnis Multinasional memfokuskan pada pemanfaatan pengalaman dan produk perusahaan.
     Ada tiga orientasi yang menjadi pedoman dalam bisnis internasional, yaitu :
a. Etnosentris
    Suatu ansumsi atau keyakinan bahwa negeri asal sendirilah yang unggul.
b. Polisentris
    Keyakinan yang disadari bahwa setiap negara unik dan berbeda serta cara utuh meraih sukses     disetiap negara adalah menyesuaikan diri dengan perbedaan unik dari setiap negara.

      Didalam bisnis pasti kita mengenal ekspor dan impor, dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu :
1. secara langsung
    Kegiatan perdagangan luar negeri yang dilakukan tanpa menggunakan perantara
2. secara tidak langsung
    Kegiatan perdagangan luar negeri yang dilakukan menggunakan perantara

      Menurunnya hambatan perdagangan dan investasi maka perusahaan dapat memperluas pasar produknya ke negara lain serta memudahkan masyarakat di suatu negara untuk dapat memperoleh produk yang tidak dapat diproduksi dalam negeri. Bahkan beberapa tahun terakhir beberapa negara telah memberanikan untuk mengurangi hambatan dalam perdagangan internasional dan investasi luar negeri misalnya dengan membentuk organisasi-organisasi yang melakukan kerjasama regional.
     Adapun aspek-aspek bisnis internasional yaitu :
1. Keunggulan Absolut
    Keuntungan yang dimiliki suatu negara karena dapat menghasilkan suatu produk dengan biaya lebih murah.
2. Keunggulan Komperatif
     Keuntungan yang dimiliki suatu negara karena dapat menghasilkan suatu produk secara lebih ekonomis
3. Neraca Pembayaran
    menunjukan aliran pertukaran dana dari suatu negara dengan negara lainnya selama periode tertentu.
4. Neraca Perdagangan
    Dimana neraca perdagangan merupakan neraca pembayaran
5. Kurs Valuta Asing
    menunjukan jumlah uang yang diperlukan untuk memperoleh suatu mata uang asing.
   
Sumber : Buku Pengantar Bisnis
Pengarang : Sri Wiludjeng
Penerbit : GRAHA ILMU

Tidak ada komentar:

Posting Komentar