Jumat, 31 Oktober 2014

MERENCANAKAN, MENGORGANISASIKAN,DAN MELAPORKAN BISNIS

Pengertian laporan bisnis dan usulan
Laporan dapat dikatakan sebagai informasi yang disampaikan dalam bentuk dokumen dan berisikan fakta-fakta dari hasil analisis atau penyelidikan tentang sesuatu. Laporan dapat diartikan sebagai segala sesuatu yang dilaporkan atau pemberitahuan tentang sesuatu.

Dari kesimpulan diatas laporan bisnis ialah sebuah laporan yang ditunjukan untuk bisnis dan berisikan rencana terhadap sesuatu yang disajikan dengan fakta serta memiliki karakteristik tertentu seperti : netral, memiliki tujuan yang jelas,dll.

Penggolongan laporan bisnis :
Ada berbagai cara penggolongan laporan bisnis, yaitu : penggolongan berdasarkan fungsi, subyek, formalitas, keaslian, frekuensi, jenis atau penampilan, pelaksanaan proyek, dan pelaksanaan pertemuan.
 a. fungsi
     suatu laporan dapat dibedakan menjadi laporan yang berfungsi sebagai informasi dan yang berfungsi sebagai analisis. 
b. subyek
    suatu laporan dapat dibedakan berdasarkan tempat laporan yang diperoleh. contohnya : laporan akuntansi, laporan pembelanjaan, laporan asuransi, laporan pemasaran dll
c. formalitas 
    suatu laporan dapat dibedakan menjadi laporan yang bersifat formal maupun informal. Laporan formal sering disebut juga laporan panjang sedangkan informal laporan yang pendek.
d. keaslian
    laporan dapat dibedakan menjadi laporan otoritas dan suka rela. 
e. frekuensi
    suatu laporan dapat dibedakan menjadi laporan laporan berkala dan laporan khusus.
f. jenis atau tampilan
   laporan dapat dibedakan menjadi laporan formalitas dan panjang laporan.
g. pelaksanaan proyek
    dibedakan menjadi 3 jenis yaitu : laporan pendahuluan, laporan tengah/perkembangan, dan laporan akhir
h. pelaksanaan pertemuan 
    dibedakan ke dalam 4 jenis yaitu : agenda,resolusi, notulen, laporan pertemuan
i. usulan berdasarkan permintaan client
   pihak client yang memberi usulan ke produsen tentang suatu hal.
j. usulan berdasarkan inisiatif
   untuk mengembangkan perusahaan yang berinisiatif membuat usaha dengan tujuan untuk mendapatkan konsumen atau pencarian biaya.


SUMBER : BUSINESS COMMUNICATION
PENGARANG : Dr. fr.ff.M.Budi Djatmiko.M.SI
PENERBIT : STEMBI



Tidak ada komentar:

Posting Komentar