Sabtu, 08 November 2014

Bisnis Nirlaba

Apakah kalian sudah pernah dengar mengenai BISNIS NIRLABA? Kalau belum saya akan membantu menjelaskannya. Berikut penjelasannya.

Bisnis nirlaba adalah tidak semua bisnis diciptakan untuk menghasilkan laba.
Organisasi Nirlaba adalah organisasi yang melayani tujuan tertentu dan tidak dimaksudkan untuk mencari laba. Ketika pendapatan melampaui bebannya di periode tertentu, laba tersebut diinvestasikan kembali di organisasi tersebut.

Di Amerika Serikat,dengan suatu organisasi nirlaba tidak dikenakan pajak selama organisasi tersebut masuk kualifikasi dengan memenuhi persyaratan tertentu yang ditetapkan oleh Internal Revenue Service.  

Contoh- contoh umum dari organisasi nirlaba meliputi beberapa rumah sakit, sekolah, organisasi sosial, dan gereja.
Meskipun organisasi nirlaba tidak sepenuhnya fokus pada menghasilkan laba, organisasi tersebut tetap dikelola sebagaimana bisnis dikelola. Misalnya saja, perhatikan bisnis dari rumah sakit nirlaba. Rumah sakit tersebut mengenakan biaya untuk layanannya sama seperti rumah sakit yang mencari laba. Rumah sakit tersebut tetap menagih kepada perusahaan asuransi pasien untuk layanan yang diberikan dan menagih kepada pasien untuk sisa yang tidak dibayarkan oleh perusahaan asuransinya. Jika rumah sakit tersebut memberikan layanannya secara gratis, maka rumah sakit tersebut akan dengan cepat menghabiskan seluruh dana yang disumbangkan untuk mendanainya maupun akumulasi laba yang dihasilkannya. Karyawannya juga memperoleh gaji sama seperti karyawan dari rumah sakit yang mencari laba. Jika rumah sakit tersebut membayarkan gaji yang kompetitif, dokter, perawat dan staf lainnya akan mencari pekerjaan ditempat lain. Dengan demikian, rumah sakit tersebut harus menyediakan layanan kesehatan secara efisien, atau rumah sakit tersebut tidak akan memiliki pendanaan yang cukup untuk tetap berbisnis dan terus melayani masyarakat. Sama seperti rumah sakit yang mencari laba, jika rumah sakit nirlaba ini ingin melakukan expansi dan membutuhkan lebih banyak uang dibandingkan dengan yang diterimanya dari sumbangan atau diakumulasikan dengan berjalannya waktu, maka rumah sakit tersebut dapat memperoleh pendanaan dari kreditor .
Banyak rumah sakit bersifat nirlaba tetapi masih harus mengelola sumber dayanya dengan baik guna menyediakan layanan pelanggan yang bagus dan menggunakan dana yang dimiliki sesuai dengan peruntukannya.

Sumber : BUKU INTRODUCTION TO BUSINESS(Pengantar Bisnis) edisi 4
Pengarang :  JEFF MADURA
Penerbit : Salemba Empat 
Penerjemah : Ali akbar Yulianto Krista
Manajer Penerbitan : Edward Tanujaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar