Sabtu, 08 November 2014

Persaingan dalan Dunia Bisnis

   Sebagai mana yang kita ketahui disetiap bisnis pasti memiliki persaingan-persaingan yang sangat ketat dan tajam. Semua perusahaan pasti berlomba-lomba untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi bahkan mereka tidak memperdulikan cara cara yang mereka gunakan. Baik cara yang mereka lakukan itu benar atau tidak.Setiap perusahaan memiliki cara-cara yang berbeda agar perusahaannya mendapatkan keuntungan yang tinggi dan dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Bahkan mereka tak segan-segan untuk mengambil resiko yang tinggi atas apa yang mereka lakukan demi memenangkan persaingan dengan perusahaan lainnya.

Contohnya saja seperti kebanyakan perusahaan yang melakukan iklan produk dagangnya, mereka akan membuat semenarik mungkin iklan yang mereka buat agar konsumen tertarik dan percaya akan produk yang dijualnya. Mereka juga terkadang membuat iklan yang menjatuhkan iklan produk lainnya dengan kata lain mereka menyindir tentang kejelekan/kekurangan dari produk dagang perusahaan lain tersebut. Tak sedikit juga perusahaan-perusahaan dagang yang bersaing dengan cara tersebut karena menurut mereka itu sangat efektif untuk menjatuhkan produk dagang perusahaan tersebut. Sering kali kita lihat banyak juga perusahaan yang menjatuhkan perusahaan lainnya dengan cara memalsukan produk dagangnya agar konsumen tidak lagi percaya dengan produk tersebut.

  Tak sedikit juga perusahaan yang melakukan penurunan harga produk karena harga produk perusahaan tersebut lebih tinggi daripada harga produk perusahaan lainnya dan sering kali mereka juga menambahkan kualitas produk yang mereka punya agar konsumen lebih tertarik kepada produk yang mereka punya. 

Contoh lainnya dapat kita ambil dari perusahaan jasa contoh seperti perusahaan pengantar barang. Perusahaan akan saling bersaing untuk mendapatkan customers yang banyak dengan cara meningkatkan pelayanan yang baik, mempercepat waktu pengiriman barang dan aman ataupun dengan harga pengirimin yang murah. 

Penulis : Rizka Desianny Winata
Pengarang : Rizka Desianny Winata 

  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar