Minggu, 09 November 2014

Penilaian Lingkungan Bisnis

Lingkungan bisnis yang mengelilingi suatu bisnis meliputi lingkungan ekonomi, lingkungan industri dan lingkungan global.

1. Lingkungan Ekonomi
   Lingkungan ekonomi dilihat untuk menentukan bagaimana permintaan akan produk dapat berubah sebagai respons terhadap kondisi perekonomian dimasa mendatang. Permintaan akan suatu produk dapat sangat sensitif terhadap kekuatan perekonomian. Oleh karena itu, kelayakan bisnis baru dapat dipengaruhi oleh lingkungan ekonominya.
Contoh :
Sebuah perusahaan akan melihat dari sisi ekonominya apabila permintaan produk meningkat maka perusahaan tersebut harus mengeluarkan modal/uang yang lebih banyak tetapi jika perusahaan tersebut tidak meiliki modal yang besar maka perusahaan tersebut tidak dapat meningkatkan jumlah produk dari permintaan produk yang meningkat.

2. lingkungan Industri
   Lingkungan industri dinilai untuk menentukan tingkat persaingan. Jika suatu pasar akan produk tertentu dilayani oleh hanya satu atau beberapa perusahaan saja, maka sebuah perusahaan kemungkinan dapat meraih bagian pasar yang signifikan. Kita harus bertanya juga apakah produk yang sama dapat diproduksi dan dijual pada harga yang lebih rendah,disamping tetap meberikan keuntungan yang layak. Pertanyaan yang berkaitan adalah apakah bisnis baru tersebut dapat menghasilkan produk yang mutunya lebih tinggi dibandingkan milik para pesaingnya.
Contoh :
Sebuah perusaahan industri bersaing dengan perusahaan industri lainnya dengan cara membuat produk yang sama tetapi dijual dengan harga yang lebih rendah dan berkualitas lebih baik dari produk perusahaan industri lainnya. 

3. Lingkungan Global
   Lingkungan global dinilai untuk menentukan bagaimana permintaan akan produk dapat berubah sebagai respons atas kondisi-kondisi  global di masa mendatang. Permintaan global akan suatu produk dapat sangat sensitif terhadap perubahaan dalam perekonomian luar negri, jumlah pesaing asing, nilai tukar mata uang, dan undang- undang perdagangan internasional.
CONTOH : 
Permintaan asing akan produk tertentu yang dijual oleh bisnis-bisnis Amerika Serikat sebagian tergantung pada nilai tukar mata uang asing yang berlaku relatif terhadap dolar atau Contoh lainnya sebuah perusahaan memiliki produk yang sangat berkembang saat ini tetapi belum tentu dikemudian hari produk tersebut akan tetap berkembang di masa yang akan datang atau bersaing dengan pesaing asingnya.

Sumber : 1.BUKU INTRODUCTION TO BUSINESS 
          (PENGANTAR BISNIS) EDISI 4 
         2.Rizka Desianny Winata(sebagian
           contohnya saya membuat sendiri)
Pengarang : 1. JEFF MADURA
            2. Rizka Desianny Winata
Penerbit : Salemba Empat 
Penerjemah : Ali akbar Yulianto Krista
Manajer Penerbitan : Edward Tanujaya

 
   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar