Sabtu, 13 Desember 2014

DAMPAK DARI INFLASI TERHADAP BISNIS



Inflasi

Kenaikan dalam tingkat harga barang dan jasa secara umum selama periode waktu tertentu. Tingkat inflasi dapat diestimasikan dengan mengukur persentase perubahan dalam indeks harga konsumen, yang mengindikasikan harga dari sejumlah besar produk konsumen seperti produk kebutuhan sehari hari, perumahan, bahan bakar, layanan kesehatan, dan listrik.
Inflasi dapat mempengaruhi beban operasi suatu perusahaan untuk menghasilkan produk dengan meningkatkan produk dengan meningkatkan harga dari perlengkapan dan bahan baku. Upah juga dapat dipengaruhi oleh inflasi. Tingkat inflasi yang lebih tinggi akan menyebabkan peningkatan yang lebih besar lagi dalam beban operasi suatu perusahaan. Pendapatan suatu perusahaan juga tinggi selama periode inflasi tinggi karena banyak perusahaan mengenakan harga yang lebih tinggi guna mengompensasikan beban yang lebih tinggi.

Jenis inflasi yang didorong oleh biaya

Inflasi dapat diakibatkan dari kejadian tertentu yang menaikan biaya produksi. Ketika harga alumunium menigkat,misalnya perusahaan seperti PepsiCo dan COCA-COLA mengeluarkan biaya yang lebih besar dan mungkin menaikan harga dari minuman ringan yang dihasilkan. Jika biaya baja meningkat, perusahaan seperti General Motors dan Ford Motor Company yang menggunakan baja untuk menghasilkan mobil dapat menaikan harga dari mobil yang dihasilkannya. Ketika perusahaan mengenakan harga yang lebih tinggi karena kenaikan biaya, terjadi inflasi yang didorong oleh biaya. Untuk mengilustrasikan dampak potensial dari inflasi yang didorong oleh biaya ini, pertimbangkan bagaimana semua produsen harus mengantarkan produk mereka ke took-toko di seluruh negeri. Biaya transportasi mencakup biaya bahan bakar. Ketika harga minyak naik, biaya produksi bahan bakar juga naik. Pemasok bahan bakar cenderung untuk meneruskan biaya yang tinggi tersebut dengan menaikkan harga bahan bakar. Konsekuensinya, produsen produk mengeluarkan biaya yang lebih tinggi untuk mengantarkan produknya. Jika produsen tidak menaikkan harga produknya untuk mencerminkan biaya



Sumber : 1.BUKU INTRODUCTION TO BUSINESS 
          (PENGANTAR BISNIS) EDISI 4 
                2.Rizka Desianny Winata(sebagian
           contohnya saya membuat sendiri)
Pengarang : 1. JEFF MADURA
                      2. Rizka Desianny Winata
Penerbit : Salemba Empat 
Penerjemah : Ali akbar Yulianto Krista
Manajer Penerbitan : Edward Tanujaya  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar