Sabtu, 13 Desember 2014

RENCANA KEUANGAN



Rencana keuangan menentukan bagaimana bisnis akan didanai. Rencana ini juga mencoba untuk menunjukan kelayakan penciptaan bisnis tersebut.

Pendanaan

Pendirian suatu bisnis membutuhkan dana untuk membeli mesin dan bahan baku, sewa ruangan, merekrut karyawan dan melakukan pemasaran. Sebagian basar perusahaan sangat mengandalkan diri pada pendanaan dari pengusaha yang mendirikannya.
Kreditor pada umumnya lebih menyukai bisnis yang menunjukan kemampuan menutupi pembayaran pinjamannya sebelum mereka bersedia memberikan pinjaman. Karena bisnis baru belum memiliki riwayat perusahaan, kreditor akan bersedia memberikan pinjaman hanya jika didukung oleh jaminan, seperti misalnya bangunan atau computer yang dimiliki oleh pemilik bisnis. Kreditor akan mengklaim jaminan tersebut jika pinjaman tidak dilunasi. Mereka dapat membatasi besarnya pinjaman hanya sebesar nilai pasar dari jaminan pemilik.

Pendanaan oleh SBA

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Small Business Administration (SBA) telah menjadi sumber utama pendanaan bagi bisnis-bisnis baru. SBA merupakan badan federal yang didirikan pada tahun 1953 untuk membantu dan melindungi kepentingan bisnis-bisnis kecil. SBA mengandalkan lembaga-lembaga keuangan (seperti misalnya bank) untuk memberikan pinjaman kepada para pelamar yang memenuhi syarat, tetapi dengan persyaratan keuangan yang ditentukan SBA untuk mendapatkan pinjaman. SBA mendukung pinjaman dengan menjaminkan bagian dari tiap pinjaman. Pemberi pinjaman juga lebih bersedia memberikan pinjaman karena SBA menjanjikan pembayaran kembali pinjaman secara parsial.

Kelayakan

Salah satu keuntungan lain dari mengembangan rencana bisnis adalah bahwa ia memaksa pengusaha melakukan penilaian atas kelayakan potensi bisnis mereka sebelum mereka menginvestasikan uang mereka dan waktu untuk mendirikannya. Seperti yang telah diuraikan secara singkat di bab sebelumnya, kelayakan bisnis dapat diukur dengan menghitung ekspektasi labanya (keuntungan). Laba diukur dari pendapatan dikurangi pengeluaran. Ekspektasi pendapatan yang akan dihasilkan oleh bisnis didasarkan atas volume penjualan (jumlah unit terjual) dikali harga per unit. Pendapatan perusahaan dipengaruhi oleh pemasarannya. Pengeluaran dapat dikategorikan sebagai beban operasi atau beban bunga.

Sumber : 1.BUKU INTRODUCTION TO BUSINESS 
          (PENGANTAR BISNIS) EDISI 4 
                2.Rizka Desianny Winata(sebagian
           contohnya saya membuat sendiri)
Pengarang : 1. JEFF MADURA
                      2. Rizka Desianny Winata
Penerbit : Salemba Empat 
Penerjemah : Ali akbar Yulianto Krista
Manajer Penerbitan : Edward Tanujaya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar