Sabtu, 13 Desember 2014

RENCANA PEMASARAN



Rencana pemasaran akan berfokus pada pasar target, karakteristik produk, penentuan harga, distribusi, dan promosi.

Pasar Target
Suatu bisnis baru mungkin tidk diketahui oleh pasar targetnya dan terlebih dahulu perlu mendapatkan kepercayaan dari para konsumen. Jika para pemiliknya yakin bahwa produk mereka lebih baik daripada produk-produk lain, mereka harus membuktikan bahwa produk mereka memang lebih baik. Konsumen tidak selalu kemudian pindah ke produk baru, khususnya jika mereka merasa puas dengan produk yang sudah ada dan telah dikenalnya. Bisnis-bisnis baru mengandalkan diri pada berbagai strategi pemasaran untuk menarik konsumen, misalnya mengiklankan produk mereka, menawarkan potongan harga khusus, atau bahkan memberikan produk contoh gratis kepada para konsumen.
Setelah suatu bisnis baru memiliki basis konsumen awal, ia dapat meraih keuntungan dari pengulangan bisnis atau referensi. Banyak bisnis kecil baru menghasilkan sebagian besar pendapatan mereka melalui pelanggan yang kembali. Bisnis yang memberikan jasa seperti misalnya penataan rambut, jasa pelayan, dan dokter gigi dapat meraih keuntungan dari pelanggan yang kembali karena jasa tersebut sering dibutuhkan. 
Karakteristik Produk
Rencana bisnis hendaknya menguraikan karakteristik produknya, dengan penekanan pada apa yang membuat produk tersebut lebih menarik daripada produk serupa yang ditawarkan oleh pesaing-pesaingnya. Suatu produk dapat menarik jika ia mudah digunakan, lebih efektif, atau lebih tahan lama. Setiap keunggulan kompetitif produk ini diatas produk-produk lain yang serupa sebaiknya diidentifikasikan.
Penentuan Harga
Usulan harga produk juga sebaiknya dimasukan. Harga dari produk-produk serupa yang dijual oleh pesaing sebaiknya juga disebutkan. Harga akan memengaruhi permintaan akan produk tersebut.
Distribusi
 
Rencana bisnis sebaiknya menguraikan cara-cara mengenai bagaimana produk tersebut akan didistribusikan kepada para konsumen. Beberapa produk dijual langsung ke konsumen, sedangkan beberapa yang lain didistribusikan melalui gerai gerai ritel.
Promosi


Rencana bisnis juga sebaiknya menjelaskan cara-cara mengenai bagaimana produk tersebut akan dipromosikan. Strategi promosi sebaiknya konsisten dengan profil konsumen. Sebagai contoh, produk-produk yang menarik minat mahasiswa perguruan tinggi dapat diiklankan di Koran-koran mahasiswa. 

Sumber : 1.BUKU INTRODUCTION TO BUSINESS 
          (PENGANTAR BISNIS) EDISI 4 
         2.Rizka Desianny Winata(sebagian
           contohnya saya membuat sendiri)
Pengarang : 1. JEFF MADURA
            2. Rizka Desianny Winata
Penerbit : Salemba Empat 
Penerjemah : Ali akbar Yulianto Krista
Manajer Penerbitan : Edward Tanujaya

1 komentar:

  1. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus